You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Kalitinggar
Desa Kalitinggar

Kec. Padamara, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

SELAMAT DATANG DI WEBSITE PEMERINTAH DESA KALITINGGAR Visi : Membangun solidaritas dan kepedulian warga masyarakat terhadap lingkungan Misi : Desa Kalitinggar yang maju dalam pembangunan fisik material dan mental spiritual menuju masyarakat sehat, sejahtera lahir batin dan berakhlaq mulia

Bimbingan Keuangan dan Administrasi Oleh Kecamatan Padamara

KURNIAWAN SUSANTO 08 Juni 2022 Dibaca 66 Kali
Bimbingan Keuangan dan Administrasi Oleh Kecamatan Padamara

Administrasi Desa ditetapkan dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri akan tetapi teknis pelaksanaan dan pembinaan operasionalnya ditetapkan dengan Keputusan Bupati. Berdasar kepada diundangkannya UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, serta Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa juga Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2005 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, dan dengan Peraturan Kementerian Dalam Negeri 32 Tahun 2006.

Pemerintahan Kecamatan Padamara menunaikan kewajibannya untuk melakukan Pembinaan Administrasi Desa (Kas Opname) di akhir bulan mei 2022 hingga Awal bulan Juni 2022 Setidaknya 14 Desa Di kecamatan Padamara akan dilaksanakan Pembinaan Administrasi dan Keuangan.

Pada hari Senin tanggal 06 Juni 2022 bertempat di Kantor Desa Kalitinggar, Dihadiri Oleh yakni Camat Padamara, Sekretaris Camat , Kasi PMD , Kasi Pamtribum , Kasubag Perencanaan dan keuangan, Staf Kecamatan, PD/PLD.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut Aparatur Pemerintahan Desa Kalitinggar terlihat antusias terhadap pembinaan administrasi pemerintahan Desa, adapun jenis-jenisnya sebagai berikut:

  1. Administrasi Umum adalah pencatatan data dan informasi mengenai kegiatan pemerintahan Desa pada Buku Administrasi Umum.
  2. Administrasi Penduduk adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai kependudukan pada Buku Administrasi Penduduk.
  3. Administrasi Keuangan adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai pengelolaan keuangan Desa pada Buku Administrasi Keuangan.
  4. Administrasi Pembangunan adalah kegiatan pencatatan data dan informasi pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat pada Buku Administrasi Pembangunan.
  5. Administrasi lainnya antara lain meliputi; kegiatan Badan Permusyawaratan Desa dalam buku administrasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD), kegiatan musyawarah Desa dalam buku musyawarah Desa, dan kegiatan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Lembaga Adat dalam buku Lembaga Kemasyarakatan Desa/Lembaga Adat.

Dalam  Administrasi Pemerintahan Desa, secara luas bisa disebut sebagai manajemen penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan Desa, yang meliputi Pengelolaan penyelenggaraan pemerintahan desa, mencakup perencanaan pemerintahan, pengorganisasian atau kelembagaan pemerintahan, penggunaan sumber-sumber daya, pelaksanaan urusan rumah tangga pemerintahan dan urusan pemerintahan umum, serta pengawasan penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan kewenangan dalam bidang pemerintahan desa.

Pada Kali ini Pihak Kecamatan Padamara Juga memonitoring Laporan Keuangan Bumdes dikarenakan Permodalan Bumdes mengambil dari Dana Desa dan diharapkan Bumdes bisa ada progress kedepannya akrena merupakan salah satu unggulan yang sedang digencarkan untuk percepatan Ekonomi,sehingga sangat perlu juga dilakukan monitoring serta Pembinaan administrasi dan keuangan agar kedepannya Bumdes Lebih baik dalam pengorganisaannya.

Hasil Monitoring di Pemrintah Desa Kalitinggar dikatakan tertiba adminitrasi,lengkap terstruktur, memang ada sebagian yang kurang namun bisa dikatakan baik dan lengkap di semua bidang. 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image