You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Kalitinggar
Desa Kalitinggar

Kec. Padamara, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

SELAMAT DATANG DI WEBSITE PEMERINTAH DESA KALITINGGAR Visi : Membangun solidaritas dan kepedulian warga masyarakat terhadap lingkungan Misi : Desa Kalitinggar yang maju dalam pembangunan fisik material dan mental spiritual menuju masyarakat sehat, sejahtera lahir batin dan berakhlaq mulia

Bulan Penimbangan Balita Ngudi Rahayu Kalitinggar

KURNIAWAN SUSANTO 08 Februari 2023 Dibaca 39 Kali
Bulan Penimbangan Balita Ngudi Rahayu Kalitinggar

Bulan Penimbangan Balita (BPB)Kalitinggar.id Bulan penimbangan balita adalah kegiatan penimbangan berat badan dan pengukuran panjang atau tinggi badan pada balita usia 0-59 bulan dilakukan di Posyandu secara serentak pada Bulan Februari 2023.

Pada Bulan februari ini kegiatan bulan penimbangan balita diintegrasikan dengan pemberian kapsul Vitamin A dosis tinggi kepada balita usia 6-59 bulan, dengan ketentuan bayi usia 6-11 bulan mendapat 1 (satu) kapsul Vitamin A dosis tinggi berwarna biru dengan dosis 100.000 IU dan balita usia 12-59 bulan mendapatkan 1 (satu) kapsul Vitamin A dosis tinggi berwarna merah dengan dosis 200.000 IU.

Manfaat pemberian Vitamin A dosis tinggi adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh (tidak mudah terkena penyakit infeksi) dan untuk kesehatan mata (mencegah rabun senja).

Seperti diketahui status gizi pada balita merupakan salah satu indikator penting pembangunan suatu bangsa. Saat ini di Indonesia masalah kekurangan gizi pada balita masih tinggi.  Berdasarkan hasil  Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2021, terdapat 17.0lita berat badan kurang (underweight) ; 24,4lita pendek (stunting), dan 7,1lita gizi kurang (wasting) bila dibandingkan dengan batasan permasalahan gizi masyarakat dari WHO yaitu  underweight 10%, stunting 20n wasting 5%. Ketiga permasalahan gizi itu saling terkait sehingga tidak bisa dilihat dari per masing-masing indeks status gizi.

Masalah  Kekurangan dan kelebihan gizi pada balita akan mempengaruhi perkembangan fisik, mental, dan sosial pada masa kanak-kanak hingga masa dewasa dan lansia.  Untuk mencegah terjadinya masalah gizi tersebut perlu dilakukan identifikasi gangguan pertumbuhan dan intervensi sejak dini terutama pada `1000 Hari pertama kehidupan sehingga dapat mencegah terjadinya masalah gizi dan masalah kesehatan pada anak, remaja, orang dewasa, dan lansia.  Karena itu upaya perbaikan gizi pada usia dini merupakan investasi jangka panjang untuk kesehatan dan kesejahteraan individu, keluarga, dan masyarakat umum.

Untuk memantau pelaksanaan bulan penimbangan terintegrasi pemberian kapsul vitamin A, seksi gizi bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga  melaksanakan supervisi pelaksanaan bulan penimbangan  ke  posyandu yang menjadi sampel supervisi yaitu Posyandu Ngudi Rahayu di desa Kalitinggar Kecamatan Padamara.

Dalam kegiatan ini dipantau juga pelaksanaan protokol kesehatan penimbangan balita di posyandu, pencatatan dan pelaporan hasil penimbangan dan pengukuran tinggi badan, ketersediaan  sumber daya dan logistic di posyandu seperti timbangan, papan panjang badan (lengthboard), microtoise,  kapsul vitamin A, serta  PMT penyuluhan di masing-masing posyandu sebagai upaya meningkatkan kunjungan pada saat bulan penimbangan.

 

"Mantep luuur... ayoo sing duwe bayi aja kelalen tiap wulan sepisan timbangan ya...
Aas 13 Februari 2023
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image