You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Kalitinggar
Desa Kalitinggar

Kec. Padamara, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

SELAMAT DATANG DI WEBSITE PEMERINTAH DESA KALITINGGAR Visi : Membangun solidaritas dan kepedulian warga masyarakat terhadap lingkungan Misi : Desa Kalitinggar yang maju dalam pembangunan fisik material dan mental spiritual menuju masyarakat sehat, sejahtera lahir batin dan berakhlaq mulia

Sosialisasi dan Tindak Lanjut Optimalisasi Usulan PBI JK

ABDI NAJARUDIN 09 Juni 2023 Dibaca 90 Kali
Sosialisasi dan Tindak Lanjut Optimalisasi Usulan PBI JK

Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Purbalingga (DINSOSDALDUKKBP3A melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Seksi Penyuluhan dan Kesetiakawanan Sosial mengadakan Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS-NG), di Aula Kantor DINSOSDALDUKKBP3A . Kamis, 8 Juni 2023.

 

Dalam Sosialisasi ini dihadiri oleh Bapak Rahmono Kabid Dayasos Kab.Purbalingga,Kasi Penyuluhan dan Kesetiakawanan Sosial Iksan Warsono, S.Sos, Ibu Dian dari BPJS Purbalingga, Bapak Danang Prastiawan selaku Operator Kabupaten Aplikasi SIKS-NG dan seluruh Operator Desa Aplikasi SIKS-NG dari empat Kecamatan yang ada di Purbalingga, Kecamatan Padamara, Kalimanah, Kaligondang dan Purbalingga. Sosialisasi yang diselenggarakan oleh DINSOSDALDUKKBP3A Kab. Purbalingga ini berlangsung selama 4 hari dimulai dari tanggal 6 Juni sampai dengan 9 Juni 2023, dimana peserta merupakan Operator Desa SIKS-NG di 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Purbalingga. Kegiatan ini dibuka Kabid Dayasos Kab.Purbalingga dan diikuti Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK),  dan Operator Kabupaten Danang Prastiawan.

 

Sosialisasi ini untuk memperkenalkan lebih dekat aplikasi SIKS-NG kepada TKSK dan Operator Desa, dimana aplikasi tersebut memuat informasi tentang basis data terpadu (BDT) , penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu, data bantuan pangan non tunai (BPNT) dan juga data penerima bantuan iuran ( PBI) jaminan kesehatan nasional. SIKS-NG merupakan aplikasi yang biasa digunakan fasilitator untuk mengolah data fakir miskin yang termasuk dalam lingkaran penerima bantuan PKH ,BPNT, PBI jaminan Kesehatan Nasional. Melalui aplikasi ini para petugas fasilitator diharapkan dapat saling bersinergi.

 

Pada sosialisasi kali ini Kabid Dayasos Kab.Purbalingga menengaskan beberapa hal terkait Tindak Lanjut Optimalisasi Usulan PBI JK. Untuk Kabupaten Purbalingga sendiri mendapatkan kuota usulan PBI JK sekitar 38 ribu jiwa lebih. Namun untuk saat ini usulan PBI yang masuk masih dibawah target usulan yaitu sekitar 72 % sedangkan target yang harus dicapai 75 %. PBI JK yang dimaksud ini diberikan kepada masyarakat kabupaten purbalingga yang memenuhi kriteria yang sudah berlaku dan sudah ditentukan oleh pemerintah pusat. Masing-masing penerima manfaat PBI JK nantinya akan menerima bantuan iuran 35 ribu per orang atau setara kelas 3 BPJS. PBI JK nanti dibayarkan langsung oleh pemerintah pusat setiap bulannya.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image