You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Kalitinggar
Desa Kalitinggar

Kec. Padamara, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

SELAMAT DATANG DI WEBSITE PEMERINTAH DESA KALITINGGAR Visi : Membangun solidaritas dan kepedulian warga masyarakat terhadap lingkungan Misi : Desa Kalitinggar yang maju dalam pembangunan fisik material dan mental spiritual menuju masyarakat sehat, sejahtera lahir batin dan berakhlaq mulia

Kecamatan Padamara Juara 3 Senam Cinta Tanah Air

KURNIAWAN SUSANTO 24 Agustus 2023 Dibaca 37 Kali
Kecamatan Padamara Juara 3 Senam Cinta Tanah Air

 

Kalitinggar – Kader-kader PKK Desa Kalitinggar bersama masyarakat di berbagai Desa di Purbalingga, secara serentak menggelar Senam Cinta Tanah Air (Sicita) tepat pada peringatan Hari Ulang Tahun ke 78 Republik Indonesia, Rabu (23/8/2023) pagi di Alun-Alun Purbalingga.

Senam yang diperkenalkan secara resmi pada (10/1/2022) di salah Satu acara HUT Parpol tersebut, secara khusus menggambarkan nilai-nilai Pancasila dalam gerakan-gerakannya, seperti membuka lima jari tangan.

Dalam seluruh gerakannya, Sicita memiliki 4 rangkaian.  Yakni teknik pernafasan dan memberi semangat, pemanasan dengan 3 gerakan, 5 gerakan inti, dan penutup. Dari seluruh tahapan tersebut, tiap gerakannya memiliki nilai filosofis tersendiri.

Seperti pada 4 gerakan wajib yang dihadirkan. Pertama, gerakan tangan kanan di bahu kanan dan tangan kiri di pinggang yang menyimbolkan gotong royong atau bahu membahu.

 

Kedua, gerakan hormat dengan posisi tangan kanan di pinggang sebagai penghormatan dari jiwa kita ke orang lain

.

Dilanjutkan gerakan tangan kanan dilipat diatas tangan kiri dan salam yang bermakna persatuan serta rasa syukur. Lalu diakhiri tepuk tangan dan bersorak sebagai lambang semangat.

Tak berhenti disitu, nilai-nilai budaya juga akan kental terasa saat melakukan senam. Lantunan musik-musik daerah dan nasional diaransemen secara apik sehingga menambahkan semangat.

Terhitung ada 9 lagu yang digabungkan. Diantaranya, Bagimu negeri, Garuda Pancasila, Manuk Dadali, Kampuang Man Jauh di Mato, Ampar-Ampar Pisang, Ondel-Ondel, Yamko Rambe Yamko, Sipatokaan, Kebyar-Kebyar.

Tidak hanya menguatkan rasa nasionalisme, rangkaian senam berdurasi 8 menit ini juga memberikan manfaat kesehatan, senam tersebut efektif mampu membakar lemak dan kalori tubuh. Bisa dilakukan beberapa sesi tergantung kondisi tubuh atau usia pesenam.

Dan Pada Kegiatan Tersebut, Kecamatan Padamara Mendapatkan Juara 3 dengan posisi Juara 1 Yaitu Kecamatan Purbalingga , Juara 2 Kecamatan Mrebet Serta juara Harapan 1 Kec Pengadegan.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image